KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FOOD TRUCK ATAU MOBIL TOKO (MOKO)

Foto : #marilolofoodtruck

KELEBIHAN :

1. Tidak perlu sewa/pajak Kios atau Bangunan
Ini sudah jelas, karena kita menggunakan truk sebagai toko kita yang bisa berpindah-pindah tempat semaunya dan kapan saja. Kita bisa mencari tempat yang strategis tanpa perlu sewa bangunan menetap.
2. Fasilitas Listrik Gratis
Kalau menggunakan bangunan toko, tentunya kita harus mempunyai jaringan listrik dulu. Dengan food truck, listrik bisa didapatkan dari Aki yang bisa ditambahkan konverter listrik DC ke AC. Dengan listrik itu kita bisa menyalakan proyektor buat nonton bareng, lampu-lampu dan alat yang lain untuk menunjang fasilitas food truck.
3. Tidak butuh ruang luas
Biasanya kalau berjualan makanan itu harus mempunyai halaman yang luas, untuk memberikan fasilitas kepada pelanggan. Namun dengan food truck, tentunya hanya membutuhkan ruang sebesar truck saja sudah cukup. Karena pembeli akan menyesuaikan sendiri dengan mencari tempat yang enak untuk makan. Jadi intinya ruang luas hanya untuk memfasilitasi konsumen saja.
4. Fleksibel
seperti yang sudah kami jelaskan pada poin nomor 1. Dengan food truck kita bisa berpindah kemanapun yang kita mau, tanpa perlu repot. Apalagi kalau semua peralatan sudah didalam truk semua, tinggal tutup pintunya dan kabur, hehehe. Beda dengan pedagang kaki lima yang kalau hujan atau mau tutup harus, gotong gerobak atau memasukan dagangannya ke dalam booth nya, apalagi kalau hujan semakin ribet. Dengan food truck, kalau hujan, yaitu tinggal tutup semua pintu. BERES!
5. Menarik Minat & Menjanjikan
Kita semuanya tau kalau food truck cenderung masih baru menjadi trend di Indonesia, sehingga ini merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan, dimana kita sudah disuguhkan berbagai kemudahan. Kenapa menjanjikan? karena kita akan menghampiri orang yang akan membeli layaknya pedagang keliling.
Hanya saja kalau food truck hanya akan diam ditempat setelah mendapatkan lokasi yang strategis. Setiap ada lahan kososng bisa digunakan untuk berdagang, tanpa perlu ijin. Berbeda lagi kalau kita datang di suatu acara keramaian, tentunya akan dimintai dana sewa lokasi. Mungkin suatu saat akan ada peraturan pemerintah yang berkaitan dengan ini.
6. Peluan dan Omzet Besar
Kenapa bisnis makanan itu omzetnya selalu besar? tentunya, karena makanan itu dibutuhkan banyak orang, apalagi makanan khusus yang banyak diminati banyak orang. Makanan siap saji, harus habis dalam sehari sesuai dengan stok yang sudah dipersiapkan. Dari situ saja untungnya sudah bisa dirinci.
Misalnya dalam satu haru bisa menjual 50 porsi saja, dan per porsi harganya 10.000 rupiah, penghasilan sudah 500 ribu setiap hari. 500 ribu dikali sebulan sudah 15 juta rupiah broo!! itu hanya pandangan kecil saja, padahal bisnis makanan itu saya yakin tidak ada yang hanya habis 50 porsi, pasti lebih!! apalagi didukung dengan fleksibilitas yang dimiliki oleh food truck, dimana kita akan mencari calon pelanggan di tempat keramaian.
7. Tidak Memerlukan Banyak Karyawan
Mendirikan usaha, yang dicari adalah keuntungan. Untuk itu dengan food truck ini, kita bisa menghemat pengeluaran biaya karyawan, karena satu food truck hanya bisa menampung maksimal 4-5 orang saja. Bandingkan dengan restoran yang membutuhkan banyak karyawan.

KEKURANGAN :

1. Berbahaya
Truk itu mempunyai bahan bakar minyak, sedangkan diatas tangki bbmnya ada kita yang sedang masak atau memanaskan makanan menggunakan kompor gas, tentunya ini sangat berbahaya bagi kita sendiri dan pelanggan yang sedang beli makanan. Namun ceritanya akan berbeda jika kita telah mempersiapkan desain food truck yang sesuai standar keamanan. Apalagi dalam satu truk terdapat banyak peralatan yang jaraknya sangat dekat.
Sebagai contoh, kita sudah mempersiapkan bahan makanan yang siap diracik tanpa perlu memasak lagi. Namun untuk makanan yang memang harus dimasak secara langsung, bisa menggunakan alternatif yaitu dengan kompor listrik. Peralatan kemanan juga harus disediakan, salah satunya Tabung Pemadam api, serta bisa ditambahkan fasilitas keamanan lainnya yang lebih canggih.
Ada juga bahaya lainnya, karena ruang yang sempit, apalagi peralatan masaknya berhubungan dengan panas panas, tentunya merepotkan kokinya, bisa keslomot ini, keslomot itu dan sebagainya. Solusinya pake pakaian standard seorang koki.
Eiits masih ada, jika memasaknya menggunakan minyak yang banyak, tentunya bisa tumpah tumpah, karena mobil ada suspensinya yang kalau pemasaknya berseliweran tentu truck akan begoyang. tenang ada solusinya, yaitu dengan menambahkan penyangga disetiap sudut bawah sasis kendaraannya, sehingga truk akan konstan.
Tidak hanya itu saja, resiko kecelakaan juga bisa terjadi ketika perjalanan menuju tempat berjualan. Namanya juga food truck, kalau jualannya hanya dirumah ya percuma, kita harus keluar. Nah diperjalan kita tidak akan tau apa yang terjadi, tentu kita harus berusaha agar tidak terjadi. Seperti melakukan perawatan kendaraan, mengemudi dengan semestinya dan taat aturan. Serta bedoa adalah hal yang wajib.
2. Tempat Sempit
Kita sedang berada di dalam truk, bahkan satu food truck yang bisa lebih dari satu orang didalamnya. Dimana masing-masing memiliki tugas sendiri, ada yang memasak, mengemas, kasir dan sebagainya. Dengan tempat yang seadanya tersebut tentunya akan merepotkan kita, tetapi bisa diakali dengan berbagai cara untuk memperluas spacenya.
Bisa ditambahkan lantai tambahan pada bak truk, dimana dinding dan pintu bak akan berubah jadi lantai, ini tentunya bisa menambah space bekerjanya. Bisa juga modifikasi lantai yang bisa digeser keluar, untuk memberikan ruang yang lebih. Atau solusi yang terakhir adalah membeli truk / karoseri bak food truck yang dalamnya luas. Namun beda kisah lagi kalau anda menginginkan konsep unik pada food truck anda, dimana anda mau tidak mau harus menggunakan truk itu.
3. Masalah Kebersihan
Ini adalah masalah lain, dimana ruang yang digunakan untuk memasak, makin lama tentu akan semakin kotor dan membuat rusak komponen lainnya. Solusinya yaitu dengan membersihkannya (sudah pasti) setiap hari setelah selesai berjualan. Dengan pembersihan secara berkala tentu akan menghasilkan food truck yang bersih, sehingga pelanggan tidak merasa terganggu.
4. Modal Besar
ya memang benar, modal utama yang dikeluarkan 50 – 200 juta, karena kita memerlukan kendaraan yang lumayan besar dan perlu dimodifikasi agar bisa digunakan untuk bekerja mempersiapkan makanan. Pengeluaran bertambah jika ingin memodifikasi tampilan eksterior tunggangan Food truck. Jangan salah, tampilan truck yang kece tentu akan menarik perhatian pembeli juga lho…
Pemilihan tempat yang tepat untuk menggarap foodtruck versi anda juga menentukan banyaknya pengeluaran, untuk itu harus pintar memilih jasa pembuatan foodtruck untuk menekan biaya modal. Itu baru untuk unit trucknya, nanti kita juga harus belanja bahan makanannya. Modal sebesar ini tentunya tidak sebesar kalau kita mendirikan restoran, hehe.
5. Perawatan Kendaraan
Kalau menggunakan bangunan untuk usaha makanan, kita tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan. Kecuali memang kita sendiri ingin melakukan renovasi atau membenahi yang rusak (pengecatan, kelistrikan, dll). Memang juga ada perawatan, tetapi tidak sesering dengan foodtruck.
Truk merupakan kendaraan yang perlu di servis, seperti ganti oli mesin, serta ganti kerusakan onderdil lainnya. Kendaraan itu tidak seperti bangunan, karena truk bisa rusak tiba-tiba tanpa disadari. Bayangkan saja kalau kita lagi jalan menuju lokasi biasanya tiba-tiba mogok, apa tidak rugi? hehe. Namun kalau kita melakukan servis kendaraan secara berkala, tentunya tidak masalah.
6. Harga Makanan Mahal
Ini merupakan permasalahan kecil, dimana mayoritas makanan yang dijual dengan food truck cenderung lebih mahal. Kenapa ya? mungkin karena makanan yang dibuat adalah makanan ringan yang bergaya ala kebarat-baratan, sehingga perlu keahlian khusus dan bahan makanan yang mahal. Jika food truck membidik masyarakat kelas menengah kebawah, tentu ini akan menjadi masalah besar.
Ada solusinya kok, ya tinggal menurunkan keuntungan atau mengurangi porsinya, atau bisa juga menggunakan alternatif menu makanan lain yang asli Indonesia, karena kuliner Indonesia itu sangat banyak macamnya dan yang paling penting, RASANYA tidak kalau dengan makanan barat. Masalah selesai.

SUMBER : www.foodtruckjogja. Id

TAG : #MOBIL #FOODTRUCK #MOKO # MOBITOKO 

1 comment:

Pabrik Pembuatan Mobil PCR (Polymerase Chain Reaction)

 Mobil PCR dengan nama panjang Polymerase Chain Reaction adalah mobil yang dapat mengambil sampel swab dengan cepat dan efisien. Kendaraan i...